top of page

KEKUATAN IMAN




1 Yohanes 5:4 “Sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: Iman kita.”


Tidak sulit menemukan orang Kristen yang terlibat kompromi dengan dosa. Siswa kristiani terjerat narkoba dan pergaulan bebas, karyawan berlaku korup, suami/istri tidak setia pada pasangan, pejabat menyelewengkan kewenangan.


Bahkan, pelayan Tuhan mengejar popularitas. Bagaimana ini terjadi? Bukankah Roh Kudus menjaga setiap orang Kristen?


Roh Kudus selalu ada untuk menolong setiap orang percaya. Namun, untuk mengalahkan tawaran dunia, orang Kristen harus menghidupi iman yang melihat realitas abadi, mengalami kuasa Allah dan kasih Kristus.


Sebab sesungguhnya iman di dalam Kristus memiliki daya yang luar biasa, yang sanggup membawa kita kepada kemenangan atas dunia. Iman menjadi sarana dan perlengkapan senjata rohani yang utama.


Iman membuat kita memandang rendah keduniawian, bahkan memampukan kita melawannya. Iman menjauhkan kita dari cinta dunia sehingga hati kita dikuduskan dan dimurnikan dari nafsu kedagingan.


Iman memungkinkan kita beroleh kekuatan untuk menaklukkan sanjungan dunia. Dengan demikian kesenangan dunia yang berdosa, nilai-nilai sekuler, cara-cara yang fasik dan materialisme yang mementingkan diri sendiri bukan saja tidak lagi menarik, melainkan juga kita pandang sebagai kejijikan.


Iman memungkinkan kita beroleh hak melalui janji Injil. Iman memungkinkan kita melihat dekatnya dunia yang tak terlihat, yakni dunia yang dengannya dunia ini tak layak untuk dibandingkan.


Ya, kekuatan iman tidak perlu kita ragukan. Hanya, sudahkah kita menjadikannya fondasi utama dalam hidup?


”Iman kepada Kristus memiliki daya yang luar biasa. Dengannya kita dimampukan menaklukkan dunia”

Comments


bottom of page