top of page

MELAKUKAN PERUBAHAN



Lukas 6:41 ‘’Mengapakah engkau melihat selumbar di dalam mata saudaramu, sedangkan balok di dalam matamu sendiri tidak engkau ketahui?’’


Ada sebuah keluarga dengan perekonomian yang berkekurangan. Untuk bisa mendapatkan sebungkus nasi saja, maka mereka harus bekerja sebagai pemulung seharian. Hidupnya tidak pernah berubah setalah melakoni perekjaan itu selama puluhan tahun.


Namun, suatu hari. Anaknya sedang membuat mainan untuk membunuh rasa bosan dari barang-barang bekas yang didapatkan oleh ayahnya.


Sang ayah, yang adalah seorang pemulung, memutuskan untuk mulai mencoba berkreasi dari barang-barang bekas miliknya. Dan sungguh di luar dugaan bahwa perekonomiannya meningkat dari barang-barang yang ia karyakan.


Sebuah perubahan adalah situasi di mana kita keluar dari sebuah zona kebiasaan. Perubahan adalah perilaku saat kita memutuskan untuk mencoba melakukan hal yang baru, yaitu hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya.


Menjadi pendosa adalah hal biasa yang dilakukan oleh orang-orang dunia. Di dalamnya ada berbagai macam tuntutan untuk mengubah orang lain menjadi lebih baik tanpa memperhatikan dirinya sendiri.


Memaksakan perubahan kepada orang lain hanya akan melahirkan perpecahan. Oleh sebab itu, mulailah perubahan itu dari dalam diri kita sendiri.


bottom of page