top of page

MELIHAT YANG TAK TERLIHAT



Efesus 1:18 “Ia menjadikan mata hatimu terang, agar kamu mengerti.”

Sering kali kita berdoa untuk berbagai kebutuhan yang dapat di lihat dengan mata. Kita memohon Allah menolong kita untuk mengatasi mobil yang rusak, atap yang bocor, pipa ledeng yang sudah aus, atau kebutuhan akan fasilitas gereja yang baru.

Itu memang tidak salah. Sudah seharusnya kita berdoa untuk semua itu.

Namun saat Paulus berdoa untuk jemaat di Efesus, ia tidak memohonkan kebutuhan fisik, sebaliknya ia malah meminta agar Allah menolong mereka supaya mampu melihat dan memahami kebenaran Allah dengan lebih jelas.

Ia memohon agar Tuhan memberikan hikmat rohani dan ketajaman kepada mereka dalam tiga hal: pengharapan yang terkandung dalam panggilan-Nya, kekayaan rohani yang diwariskan oleh-Nya, dan kuasa kebangkitan-Nya.

Hal-hal yang tidak tampak ini penting karena semakin kita melihat kerajaan Allah yang tak tampak dengan mata iman, maka semakin baik pula kita melihat dunia sebagaimana adanya.

Dengan memahami pengharapan kita akan kehidupan yang kekal dan menyadari kekayaan rohani yang kita warisi dalam Yesus Kristus, maka kita akan senantiasa memiliki cara pandang yang benar tentang dunia yang fana ini.

Cara pandang tersebut akan membantu kita agar tidak terlalu memusatkan perhatian pada hal-hal yang bersifat jasmani.

Ya Tuhan, tunjukkanlah kepada kami hal-hal tak tampak yang perlu kami lihat dan pahami, yang jauh lebih penting dari segala sesuatu yang dapat kami lihat.

”Anda tidak akan dibutakan dari kekayaan Rohani jika pandangan anda tertuju kepada Yesus”

Comentarios


bottom of page