top of page

MENCINTAI KELUARGA DAN SESAMA SEBAGAI BUKTI KASIH ALLAH



Refleksi IMLEK 2024

🏮🏮🏮🏮🏮🏮🏮🏮🏮

Yohanes 13:34-35: " Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi. Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku, yaitu jikalau kamu saling mengasihi. "

Imlek atau tahun baru china adalah perayaan yang sudah berlangsung selama ribuan tahun di berbagai negara Asia dan bahkan pelosok dunia, termasuk Indonesia.

Perayaan imlek memiliki banyak tradisi dan simbol yang berkaitan dengan harapan akan keberuntungan, kemakmuran, kesehatan dan kebahagiaan di tahun yang baru.

Bagi keluarga kristen yang berasal dari etnis Tionghoa atau yang tinggal di lingkungan yang merayakan imlek, perayaan ini bisa menjadi kesempatan untuk menghargai warisan budaya dan sejarah mereka, serta untuk mempererat hubungan dengan keluarga dan sesama.

Namun, ada juga beberapa tantangan yang mungkin dihadapi oleh keluarga kristen dalam merayakan imlek. Salah satunya adalah bagaimana membedakan antara tradisi budaya dan kepercayaan agama yang mungkin bertentangan dengan kebenaran Firman Tuhan.

Misalnya, apakah boleh menghormati leluhur dengan membakar dupa atau kertas uang? Apakah boleh mempercayai ramalan shio atau feng shui? Apakah boleh mengikuti ritual-ritual lain yang berbau mistis atau takhayul? Bagaimana cara menyikapi hal-hal ini dengan bijak dan tidak menyinggung perasaan keluarga atau tetangga yang mungkin masih memegangnya?

Imlek adalah waktu yang tepat untuk berkumpul dan bersukacita bersama keluarga, saudara, teman atau tetangga.

Kita dapat menikmati makanan khas imlek, serta berbagi cerita, pengalaman atau harapan. Kita juga dapat menunjukkan kasih kita kepada keluarga dan sesama dengan saling memberi maaf, menghapus dendam, menolong yang membutuhkan, atau memberi sumbangan kepada yang miskin atau yang menderita.

Imlek adalah waktu yang tepat untuk bersyukur atas kasih dan anugerah Allah yang telah diberikan kepada kita sepanjang tahun lalu, dan untuk memohon perlindungan dan pimpinan-Nya di tahun yang baru.

”Merayakan Imlek Tahun 2024 sebagai orang yang beriman kepada Kristus, kita dapat menunjukkan rasa syukur kita dengan beribadah bersama keluarga, membaca firman Tuhan, berdoa dan menyanyi pujian.”

🏮🧧 "Gong-her shin-shee, choo-shen-ti-jian-kang, she-yeh-fah-dah” 🧧🏮

Comments


bottom of page