top of page

MENGAPA TUHAN MEMBERIKAN KITA RASA TAKUT?



Yesaya 41:13 ‘’Sebab Aku ini, TUHAN, Allahmu, memegang tangan kananmu dan berkata kepadamu: “Janganlah takut, Akulah yang menolong engkau.”


Mengapa Allah memberikan rasa takut, jika rasa takut hanya membawa dampak yang tidak baik bagi kita.


Mungkin pertanyaan itu pernah muncul dalam benak kita. Ada beberapa alasan mengapa Allah memberikan rasa takut itu kepada kita.


Pertama, untuk melindungi kita dari bahaya. Rasa takut itu membuat kita waspada terhadap bahaya yang bisa datang dalam kapan saja dalam hidup kita.


Kedua, untuk membangun kita hormat kita kepada-Nya. Rasa takut ini membuat kita tunduk dan hormat kepada-Nya, lewat rasa takut ini, kita menyadari bahwa kita bukanlah siapa-siapa tanpa Allah.


Ketiga, untuk membangun iman dan keberanian dalam hati kita. Iman berarti mempercayai Allah melampaui bukti-bukti fisik.


Keberanian berarti melakukan apa yang kita rasa tidak dapat kita lakukan, tetapi apa yang Allah katakan bisa kita kerjakan.


Setiap orang percaya yang takut, dengan kuasa Roh Kudus yang ada di dalam dirinya, bisa menjadi orang yang berani.


Kita bisa memilih untuk mempercayai dan mengasihi Allah dalam segala keadaan dan rasa takut yang ada di dalam diri kita pun akan berlalu. Memang perlu waktu tetapi hal itu akan terjadi.


Itulah sebabnya mari kita mempercayai dan mengasihi Allah dengan sungguh-sungguh, maka kuasa Roh kudus yang ada di dalam diri kita, maka kuasa Roh Kudus akan menyingkirkan rasa takut dan menggantinya dengan keberanian.


Sebab hanya orang-orang yang mempercayai Allah dan mengasihi Allah dengan sungguh-sungguhlah yang akan merasakan kuasa Roh Kudus bekerja dengan luar biasa dalam dirinya.


Ingat Allah memberikan kita rasa takut dengan tujuan yang mulia, supaya kita terhindar dari bahaya, supaya kita memiliki rasa hormat kepada-Nya dan supaya kita semakin beriman dan berani.


JANGAN SAMPAI HAL-HAL YANG BAIK ITU MENJADI TIDAK BAIK KARENA KITA TAKUT PADA HAL-HAL YANG TIDAK RASIONAL.

Comments


bottom of page