top of page

TAK ADA PERBUATAN YANG SEPELE



1Kor 1:27 “dan apa yang lemah bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan apa yang kuat”

Pernahkah Anda merasa bahwa hidup Anda tidak berarti di hadapan Tuhan? Saya pernah.

Jumlah penduduk dunia saat ini mencapai sekitar 6 milyar, dan sebagian besar belum mengenal Yesus. Sementara itu persoalan di dunia ini sedemikian banyak.

Setiap doa, kesaksian, dan kebaikan saya tampaknya terlalu kecil untuk dapat mengubah dunia yang sedemikian bobrok.

Baru-baru ini, ketika saya seolah hendak tenggelam dalam perasaan sia-sia, saya membaca tulisan Frederick Buechner yang membangkitkan semangat saya.

Dengan menggambarkan dunia seperti jaring laba-laba raksasa, Buechner menulis, "Jika Anda menyentuh jaring laba-laba tersebut di satu bagian, maka Anda akan menggetarkan seluruh bagiannya”

Ketika kita berjalan di dunia ini dan menyentuhnya dengan kebaikan, atau mungkin dengan ketidakpedulian, atau dengan sikap permusuhan terhadap orang-orang yang kita jumpai, berarti kita sedang menggetarkan jaring raksasa itu.

Kehidupan yang saya sentuh dengan kebaikan atau dengan kejahatan itu akan menyentuh kehidupan yang lain, yang kemudian juga akan menyentuh kehidupan yang lainnya lagi, demikian seterusnya, dan tidak ada yang tahu di mana getaran itu akan berhenti, atau sampai seberapa jauh atau seberapa lama.

Sentuhan yang saya buat itu masih terasa. Kehidupan kita selalu berhubungan satu dengan yang lain. Tak seorang manusia pun hidup secara terisolir.

Di dorong oleh kata-kata Buechner, dengan semangat baru saya kembali melakukan hal-hal yang dulu tampak sepele. Siapa tahu nanti jiwa-jiwa yang kita sentuh akan menyentuh jiwa-jiwa yang lain dan berikutnya menyentuh jiwa-jiwa yang lain lagi!

Allah menggunakan kita dalam kelemahan dan ketidakberartian kita untuk memenuhi tujuan-Nya yang mulia.

”Tak ada perbuatan yang sepele bila dilakukan bagi Kristus”

Comments


bottom of page