top of page

ROH PENGASIHAN DAN PERMOHONAN



Bacaan HEBAT

📖 Zakaria 12


🎯

Aku akan mencurahkan roh pengasihan dan roh permohonan atas keluarga Daud dan atas penduduk Yerusalem, dan mereka akan memandang kepada dia yang telah mereka tikam, dan akan meratapi dia seperti orang meratapi anak tunggal, dan akan menangisi dia dengan pedih seperti orang menangisi anak sulung.

Zak 12:10


🕎

Saat Yesus akan mencapai puncak dari pekerjaanNya, Dia memasuki Yerusalem dan akan menghadapi penderitaan sampai mati di kayu salib. Hal ini telah di nubuatkan oleh nabi Zakharia tentang “Dia yang telah mereka tikam, dan akan meratapi Dia”.


Pada saatnya akan terjadi suatu sejarah yang besar yang ‘tak akan terlupakan yang menjadi ratapan besar bagi seluruh umat manusia. Ratapan itu seperti orang yang meratapi kematian anak tunggal, seperti orang yang meratapi kematian anak sulung, seperti ratapan umat Israel ketika kematian Raja Yosia yang saleh.


Saat itu adalah hari yang tidak akan terlupakan, kebesaran peristiwa itu tidak hanya bagi umat Israel, tetapi kepada setiap pribadi/orang dari segala bangsa yang tidak memandang status (baik itu anak, orangtua, miskin, kaya, imam, pejabat, dll) sebab ratapan itu adalah ratapan setiap pribadi yang melihat Dia tertikam akan meratapi dirinya, sebab dialah yang telah menyalibkan Tuhan juruselamatnya. Dia telah menikam dan menyalibkan Tuhan karena pelanggaran dan dosanya. Sehingga setiap orang akan meratapi dosanya dihadapan Tuhan yang tertikam dan tersalb itu.


Diri kita adalah Yerusalem yang dimasuki oleh Yesus, di dalam diri kitalah Yesus mati tersalib, supaya kita juga dapat merasakan keselamatan dari darah Yesus yang tercurah itu. Setiap orang yang meratapi dosa dan pelanggaranNya dihadapan Tuhan Yesus yang tersalib itu, maka Tuhan akan mencurahkan padanya roh pengasihan dan roh permohonan.


Roh Pengasihan artinya Tuhanlah yang menyediakan kasih karuniaNya untuk kita nikmati, kita mendapatkan keselamatan dan sukacita bukan karena kekuatan, kemampuan kita, semuanya adalah karena kasih karunia Tuhan. Tuhan yang menyediakan kebaikanNya kepada kita.


Roh Permohonan

Yaitu kekuatan dari Tuhan yang akan memampukan kita menghidupi kasih karunia Tuhan. Walaupun di depan kita telah disediakan Tuhan segala kebaikanNya untuk dinikmati, tetapi belum tentu semua orang mau untuk datang menikmatinya. Sebab ada orang yang merasa tidak membutuhkan Tuhan, karena menganggap kekuatan dan kemampuannya dapat membuat dia senang dalam hidupnya. Walaupun salib


Namun bagi setiap orang yang mau datang ke hadapan Tuhan yang tersalib itu, meratapi dosa dan kesalahannya, Tuhan akan mencurahkan roh permohonan, yaitu Roh Kudus yang akan menuntun kita mendapatkan jalan, pengertian untuk menikmati segala kebaikan Tuhan.


Ketika masalah datang, kita tidak menjadi panik dan kuatir, sebab ada Roh Permohonan yang akan menuntun kita mendapatkan jalan dan jawaban atas masalah kita. Ketika kita mendapatkan sukacita, kita mengetahui dari mana asalnya. Itulah sebabnya Tuhan Yesus berkata: “Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu” (Matius 7:7).


Roh Tuhan akan menuntun kita untuk meminta, mencari dan mengetok kepada dan ditempat yang tepat, yaitu hanya di dalam Yesus Kristus Tuhan dan Juruselamat kita.


🙏

DOA & KOMITMEN

Bapa kami mengucap syukur atas kasih karuniaMu. Kami berharap Roh Kudus memampukan kami berjalan dalam kehendakMu, untuk menikmati segala kebaikanMu.

Amin

🔥

bottom of page