top of page

SIAPA YANG MEMUJI KITA?




Biarlah orang lain memuji engkau dan bukan mulutmu, orang yang tidak kaukenal dan bukan bibirmu sendiri. (Amsal 27:2)



Kita hidup di era dimana medsos dapat digunakan untuk hal positif dan negatif. Salah satunya untuk menarik perhatian orang kepada kehebatan atau kebaikan diri kita. Istilah populernya pencitraan diri.


Seorang atasan selalu bercerita kepada rekannya bahwa ia atasan yang baik, yang mendukung anak buahnya, dan anak buahnya menyeganinya. Padahal, setiap kali anak buahnya berkumpul, mereka suka menceritakan kekesalan mereka terhadap si atasan.


Ya, banyak orang menganggap dirinya orang baik dan memuji dirinya sendiri. Kesukaan si atasan memuji diri sendiri itu malah menjadikan dirinya bahan cemoohan bagi bawahannya.


Bukankah kita sering menjumpai orang-orang seperti itu? Orang memuji diri sendiri karena merasa hebat, melakukan sesuatu yang tidak bisa dilakukan orang lain. Itu merupakan wujud kesombongan, kebodohan dan cinta diri. Sikap yang berlawanan dengan perbuatan baik.


Ketika kita berbuat baik, hendaklah kita melakukannya dengan ikhlas. Bukan untuk memuji diri. Bukan untuk mencari pujian orang lain. Ketika orang memuji kita, tentu karena mereka terkesan atau tersentuh oleh perbuatan kita. Namun, bukan itu tujuan kita berbuat baik. Kita berbuat baik untuk mengasihi dan memberkati sesama. Sebaliknya, orang yang sombong dan suka memuji diri malah akan merusak nama baiknya.


Kita harus melakukan apa yang terpuji, yang untuknya bahkan orang-orang asing akan memuji kita. Terang kita harus bercahaya di depan orang, dan kita harus melakukan perbuatan-perbuatan baik yang bisa dilihat, walaupun kita tidak boleh melakukannya dengan tujuan supaya bisa dilihat orang.


Apabila kita sudah melakukannya, kita tidak boleh memuji diri sendiri, sebab itu adalah bukti dari kesombongan, kebodohan, dan cinta diri, dan akan sangat mengurangi nama baik kita


Karena itu, marilah kita berbuat baik bukan karena mengharapkan pujian, melainkan karena sudah sepatutnyalah kita berbuat baik.


Kita berbuat baik dengan tulus dan ikhlas untuk mendatangkan kesejahteraan bagi orang lain


DOA & KOMITMEN

Bapa kami yang melimpah dalam kebaikan. Ajar kami melakukan perbuatan baik dalam ketulusan. Lewat perbuatan baik kami, biarlah hanya namaMu saja yang ditinggikan.

Amin.

bottom of page