top of page

TETAP SEMANGAT MENGENAPI RENCANA TUHAN



Bacaan HEBAT

📖 Kej 45


🎯

“Jadi bukanlah kamu yang menyuruh aku ke sini, tetapi Allah; Dialah yang telah menempatkan aku sebagai bapa bagi Firaun dan tuan atas seluruh istananya dan sebagai kuasa atas seluruh tanah Mesir”

(Kejadian 45:8).


🕎

Karakter Yusuf bin Yakub memang luhur dan mulia. Dia tidak hanya mengampuni saudara-saudaranya yang telah menyakitinya, namun juga memberikan mereka kehormatan di tanah Mesir. Air tuba dibalas air susu. Itulah peribahasa yang tepat untuk menggambarkan perlakuan Yusuf terhadap saudara-saudaranya.


Yusuf membuat komentar yang menarik dan sama sekali tidak terdapat unsur dendam di dalamnya. Dia berkata, “….bukanlah kamu yang menyuruh aku ke sini, tetapi Allah…..” Lho kan sebenarnya jelas sekali kalau perjalanan Yusuf sampai ia “mendarat” di Mesir semua karena saudara-saudaranya menjualnya. Tetapi dalam keadaan seperti apapun Allah sanggup bekerja di dalam situasi terburuk supaya rencana-Nya digenapi. Tepatlah bila firman Tuhan berkata, “Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah. Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara. Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula, mereka itu juga dipanggil-Nya. Dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya”

(Roma 8:28-30).


Haleluya!

Semua anak Tuhan akan mendapatkan kemuliaan! Tetapi untuk menuju ke arah kesempurnaan itu masing-masing dari kita memiliki jalan yang berbeda-beda. Jalan tidak harus selalu lurus atau lancar. Kita kadang harus mengalami musibah, masalah, dan badai kehidupan. Tetapi yakinlah bahwa pada akhirnya kita akan bertemu dengan Kristus di surga dan menikmati seluruh kekayaan kemuliaan-Nya.


Sayang, banyak orang Kristen yang tidak memahami kebenaran ini. Mereka mogok di tengah jalan sambil menyalahkan Tuhan atas segala musibah yang dialaminya. Camkan, kalau saja Yusuf saat berada dalam sumur itu ia mengeluh dan menyalahkan Tuhan lalu tidak berjalan di dalam kebenaran, niscaya namanya tidaklah tercatat sebagai penguasa Mesir yang dikaruniai kedudukan istimewa.


Marilah kita berpikir dan tetap fokus ke depan – kepada janji-janji Allah. Kalau itu Anda lakukan maka pengharapan Anda akan terangkat naik dan semangat Anda akan pulih kembali.


Jangan hilang semangat Anda. Jangan putus asa melihat keadaan yang mungkin semakin buruk. Lihatlah kepada Allah yang memberikan masa depan yang cemerlang kepada Anda.

Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa! Roma 12:2


Bersama Yesus, masa depan Anda lebih cerah dari yang dapat Anda bayangkan.


🙏

DOA & KOMITMEN

.Bapa yang Baik. Terima kasih atas rancanganMu yang indah dalam hidup kami. Mampukan kami tetap berjalan mengikuti kehendakMu. Urapilah kami agar tetap kuat dan bersemangat walaupun banyak tantangan rintangan. Jadilah kehendakMu.

Amin

🔥

Yorumlar


bottom of page